Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, UUD'45. Dirgahayu RI ke-72
Senin, 29 Januari 2018 - 14:09:16 WIB
Melatih Kepemimpinan dan Komunikasi Melalui Outbond
Diposting oleh : Arif Syarifudin
Kategori: Forum Event - Dibaca: 231 kali

forumjurnalis.org, Lembang - Pemimpin jika dialihbahasakan ke Bahasa Inggris menjadi “LEADER”, yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota di sekitarnya. Sedangkan makna LEAD adalah:

Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.

Educate, seorang pemimpin mampu mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan tacit knowledge pada rekan-rekannya.

Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada.

Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.

“Leader tidak dilahirkan, tapi dibentuk, dicetak dan dibuat”, hal tersebut dikatakan oleh Dr. Mukti Ali, MM dalam materi motivasi yang disampaikan di kegiatan pelatihan kepemimpinan dan komunikasi yang diadakan oleh Universitas Mercubuana di Lembang, 27-28 Januari 2018.

Dalam materinya juga disampaikan bahwa manfaat kegiatan tersebut adalah untuk melatih softskill mahasiswa agar bisa menjadi pribadi yang mempunyai kepemimpinan yang baik, yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri. “Kalian adalah leader untuk diri sendiri dalam menyelesaikan masalah, termasuk (menyelesaikan) kuliah”, ujarnya.

Lebih lanjut  Dr. Mukti Ali, MM menyampaikan  ada empat pilar leader yang disingkat dengan FATS; Fathonah (cerdas), Amanah (bisa dipercaya), Tabligh (menyampaikan),  Shiddiq (benar). “if you want to make everyone happy, don’t be a leader”, tutupnya.

Acara outbond ini bagus dan bermanfaat bagi mahasiswa terutama untuk menambah kekompakannya. "Acara outbondnya dan materi motivasinya bagus dan fungames, hanya mungkin utk service akomodasi dan transportasinya harus lebih ditingkatkan", kata Fifi hasanah salah satu peserta dari magister manajemen.

Kegiatan yang meliputi permainan luar ruang (outbond) yang bertujuan melatih kekompakan dan kerjasama kelompok serta materi permainan dan motivasi tersebut diikuti oleh lebih dari 600 mahasiswa yang terdiri dari tiga program studi pasca sarjana; Magister Manajemen, Magister Akuntansi dan Magister Komunikasi.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)