Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, UUD'45. Dirgahayu RI ke-72
Selasa, 23 Januari 2018 - 16:14:24 WIB
Penjelasan Terkini BMKG: Gempa Banten 6,1 Skala Richter
Diposting oleh : Arif Syarifudin
Kategori: Peristiwa - Dibaca: 118 kali

forumjurnalis.org, Banten - Gempa tektonik berkekuatan 6,1 Magnitudo menggucang Kabupaten Cilangkahan. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch. Riyadi menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Data kekuatan gempa ini sebagai update dari keterangan sebelumnya yang tertulis 6,7 M, lalu 6,4 M.
 
"Pukul 13:34:53 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=6,1 terjadi dengan koordinat episenter pada 7,23 LS dan 105,9 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Propinsi Banten pada kedalaman 61 km," ujar Riyadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/1)
"Tidak Berpotensi Tsunami," lanjutnya.
 
Riyadi mengatakan, dampak gempa tersebut sangat dirasakan di wilayah DKI Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor dengan skala SIG-BMKG (IV-V MMI). Artinya gempa tersebut dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Selain itu, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.
 
Hingga pukul 13:46 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Pihaknya mengimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Cilangkahan agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.
 
 



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)