Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, UUD'45. Dirgahayu RI ke-72
Minggu, 26 November 2017 - 14:19:20 WIB
Energi Terbarukan Untuk Rumah Tangga
Diposting oleh : Arif Syarifudin
Kategori: Forum Event - Dibaca: 274 kali

forumjurnalis.org, Tangerang Selatan - Energi Baru Terbarukan sudah menjadi energi alternatif yang sudah lama diwacanakan pemerintah untuk dikembangkan.

Dalam Penyuluhan yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Teknik Perusahaan Listrik Negara (STT PLN) yang diadakan di Cornelia Residence pondok jagung satu, Tangerang Selatan, Minggu (26/11/2017), dipaparkan mengenai pemanfaatan Energi Tenaga Surya.

Ir.Isworo, MT salah satu pembicara dari STT PLN yang juga merupakan dosen di perguruan tinggi tersebut menyampaikan kendala masih mahalnya panel surya untuk energi tenaga surya adalah karena bahannya belum bisa diproduksi di Indonesia.

"Untuk bahan panel suryanya belum bisa diproduksi di Indonesia, jadi masih diproduksi di luar negeri, saya katakan belum ya, makanya kenapa panel energi tenaga Surya relatif masih mahal", katanya.

 Lebih lanjut dia memaparkan kisaran biaya instalasi energi tenaga Surya untuk kebutuhan rumah tangga.

"Pemasangan energi tenaga Surya dengan kapasitas 500 Watt membutuhkan kurang lebih 24 panel yang membutuhkan biaya berkisar 16juta".

Dalam kesempatan itu, pembicara yang lainnya Tony Koerniawan, ST, MT memaparkan penjelasan mengenai Instalasi Listrik Rumah Tinggal dan Pengamannya, seperti untuk pemakaian Miniatur Circuit Breaker (MCB) harus disesuaikan dengan kapasitas daya listrik rumah tangga.

"Cara menghitung berapa ampere MCB yang digunakan adalah dengan menghitung daya listrik rumah tangga dibagi dengan 220v, misal: daya. 1300KWA, maka MCB yang digunakan adalah 6ampere atau yang berkode C6".

Acara penyuluhan mengenai Energi Terbarukan adalah bagian dari program pengabdian pada masyarakat, hal ini diungkapkan oleh ketua tim STT PLN, Muchammad Nur Qosim, ST, MT.

"Ini merupakan bagian dari Tridharma pendidikan perguruan tinggi untuk memberikan penyuluhan, informasi dan sosialisasi mengenai Energi Terbarukan kepada masyarakat". Kata Qosim.

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)