Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, UUD'45. Dirgahayu RI ke-72
Minggu, 14 Mei 2017 - 16:10:20 WIB
Waspadai Serangan Virus Jahat Ransomware WannaCry
Diposting oleh : Arif Syarifudin
Kategori: Teknologi - Dibaca: 259 kali

forumjurnalis.org - Penyebaran virus ransomware Wannacry menimbulkan banyak kekhawatiran setelah menyerang sistem IT di beberapa rumah sakit, tidak terkecuali sebuah rumah sakit kanker di Jakarta. Program jahat ini diam-diam masuk ke komputer tanpa diketahui, lantas mengenkripsi data di dalamnya sehingga komputer terkunci dan tidak terpakai. Hanya dalam waktu kurang dari dua hari sejak Jumat kemarin, ransomware sudah menyenar ke 99 negara dan menginfeksi puluhan ribu sistem komputer. Dibanding ransomware lain, WannaCry lebih canggih dan berbahaya karena tidak membutuhkan campur tangan pengguna untuk bisa menginfeksi komputer, yang dibutuhkan untuk menyebar hanyalah koneksi ke jaringan.

Menurut Kementerian Informasi dan Komunikasi (KOMINFO) Republik Indonesia, dalam siaran persnya nomor 56/HM/KOMINFO/05/2017 tentang Antisipasi Terhadap
Ancaman Malware Ransomware jenis WannaCry memberikan penjelasan untuk keamanan penggunaan kompoter di Indonesia, KOMINFO menegaskan pentingnya semua orang baik individu, perusahaan, kementerian, lembaga serta organisasi lainnya melakukan antisipasi dan pencegahan dari serangan malware WannaCry tersebut.

Saat ini hal yang sangat penting bahwa hari Senin besok dan kantor akan buka, mohon diwaspadai dan antisipasi untuk pencegahan dari serangan malware WannaCry. Berikut langkah-langkah yang penting untuk dilakukan, yaitu:

1. Sebelum hidupkan komputer/server, terlebih dahulu matikan Hotspot/Wifi dan cabut koneksi kabel LAN/Internet
2. Setelahnya, segera pindahkan data ke sistem operasi non windows (linux, mac) dan/atau lakukan BACK UP/COPY semua data ke MEDIA STORAGE TERPISAH.

Kemudian dari Pengelola Teknologi Informasi dapat melakukan tindak lanjut teknis lainnya:

1. Lakukan Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoft. Lihat: http://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms-010.aspx. Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download menggunakan komputer biasa, bukan komputer yang berperan penting.
2. Lakukan update antivirus (AV). Contoh AV: Kapersky total security, Eset, Panda, Symantec yang bisa download versi trial 30 hari gratis dengan fungsi atau fitur penuh dan update. Pastikan AV meliputi ANTI RANSOMWARE.
3. Nonaktifkan fungsi SMB (Server Message Block) dan jangan mengaktifkan fungsi macros.
4. Block Ports : 139/445 & 3389

KOMINFO juga membuka layanan konsultasi dengan menghubungi:
1. Aris K (Ditjen Aptika - 08567235183)
2. Didien (ID-SIRTII/CC - 08119936071)

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)